Teknik Pemesinan

Teknik Pemesinan adalah adalah cabang ilmu teknik/ rekayasa yang mempelajari energi dan sumber energinya serta aplikasi dari prinsip fisika untuk analisa, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Teknik Pemesinan merupakan salah satu bidang ilmu keteknikan yang dapat memberikan peluang besar untuk mewujudkan industri mesin baik dalam hal maintance dan repair, perancangan/design, pembuatan/ produksi serta sistem lingkungan di masa depan. Profesi ini sangat ditunjang oleh intelektual yang tinggi, kreatif dan daya inovatif.

Apa Saja yang Dipelajari?

Teknik Pemesinan selain harus dapat menguasai dasar dari ilmu pasti (matematika, fisika, kimia), mereka juga harus memahami berbagai konsep termasuk mekanika, kinematika, termodinamika dan energi. Bidang kajian dalam Teknik Pemesinan banyak berurusan dengan penggerak-penggerak awal, seperti turbin uap, motor bakar, mesin-mesin perkakas, pompa dan kompresor, pendingin dan pemanas, dan alat-alat kimia tertentu. Selain itu, dalam Teknik Pemesinan juga dipelajari sifat fisis dan fenomena yang terjadi pada suatu bahan. Hal ini termasuk sifat bahan dalam menyangga tarikan, tekanan, atau puntiran.

Teknik Pemesinan membekali peserta didik dengan ketrampilan pemesinan yang meliputi : mengoperasikan mesin-mesin produksi baik mesin Manual maupun mesin CNC (Computer Numerical Control) , mesin Bubut, mesin Frais, mesin Sekrap, mesin Bor, mesin Gerinda Datar, mesin Gerinda Poros, mesin Gerinda Potong, mengasah alat-alat potong, Pengelasan dan Fabrikasi logam. Peserta didik juga dibekali dengan pengetahuan membaca dan menggambar dengan teknik manual maupun dengan CAD (Computer Aidet Design). Pengenalan dan pengolahan bahan, mengukur dengan alat ukur mekanik presisi, menggunakan perkakas tangan serta melakukan perhitungan dasar dan lanjut untuk diimplementasikan dalam praktek membuat benda kerja dan perlengkapan praktek oleh Guru Praktek.

Bagaimana Prospek Kerjanya?

Sejalan dengan perkembangan sektor industri nasional, kebutuhan akan lulusan Teknik Mesin yang dapat menangani alat-alat industri yang ada juga akan meningkat. Seorang lulusan Teknik Mesin dapat menempati posisi pekerjaan di berbagai bidang seperti:

  1. Bidang Perawatan Mesin
  2. Bidang Industri Alat Berat
  3. Penguji Spesimen Produksi
  4. Bidang Pemerintahan, Akademis, dan Lembaga Penelitian
  5. Bidang lainnya

Demikian sedikit informasi mengenai Jurusan Teknik Pemesinan. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi para pembaca. Sampai jumpa di ulasan menarik berikutnya, dan jangan lupa baca artikel lainnya seputar SMK Ash Shoheh 1 Citeureup.

Leave a Reply

Selama Kurang Lebih 19 Tahun kami memberikan yang terbaik

Bersama Kami